Keyword atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai "kata kunci" tentu saja menjadi pintu masuk utama pengunjung blog kita, semakin bagus kita membangun keywords maka akan semakin banyak pengunjung/traffic blog kita.
Kunci utama dalam menembak keyword adalah memposisikan diri kita sebagai pembaca, memposisikan diri sebagai seseorang yang sedang melakukan aktifitas googling adalah cara efektif mendapatkan keywords utama untuk dijadikan sebuah judul artikel.
Dibawah ini adalah 5 cara mengoptimalisasikan keyword yang akan saya bahas secara singkat.
1. Menggunakan singular dan plural dalam keywords
Dalam bahasa Indonesia hal ini bisa disebut sebagai kata tunggal dan kata jamak contohnya saya-kita, kamu-mereka dan sebagainya. Sedangkan dalam bahasa Inggris biasanya kata jamak/plural tinggal menambahkan akhiran 's' pada akhir kata singular, sebagai contoh bisa dilihat di postingan ini, beberapa kali saya memasukan kata 'keyword' dan 'keywords'. Mungkin hal ini sangat sederhana, tetapi coba teman-teman masukkan kata 'keyword' dan 'keywords' dalam search engine google, keduanya ternyata memiliki hasil penelusuran yang berbeda.
2. Menggunakan sinonim keyword
Tujuan menggunakan kata sinonim adalah untuk memperluas keywords utama, sebagai contohnya bisa teman-teman lihat di postingan ini saya beberapa kali merubah kata 'keyword' dengan 'kata kunci'.
3. Variasi keywords
Tujuan dari variasi keyword sebenarnya tidak jauh beda dengan menggunakan sinonim keywords yaitu untuk memperluas keyword. "cara optimalisasi keyword" sebenarnya adalah kata kunci yang saya harapkan dicari di search engine. Tapi, untuk lebih memperluas seperti teman-teman lihat dalam postingan ini saya sedikit menambahkan variasi kalimat menjadi "cara mengoptimalisasi keywords", "mengoptimalisasikan keywords" dan sebagainya.
4. Mengubah urutan kata
Mengubah urutan kata sebenarnya cara yang cukup efisien untuk memperluas kalimat pencarian di search engine, bila memungkinkan cobalah untuk merubah urutan kata dalam sebuah kalimat yang dijadikan keyword.
5. Menggunakan ejaan yang salah
Cara ini pernah saya gunakan pada salah satu blog saya yang membahas mengenai gadgets. Tanpa kita sadari tenyata banyak sekali pengguna search engine yang salah dalam mengetik sebuah keyword, beberapa keywords malah memiliki potensi yang cukup tinggi dalam pengetikannya. Memasukkan 1 sampai 2 keyword yang salah ejaan dalam postingan ternyata cukup membantu mendatangkan traffic untuk beberapa keyword tertentu. Contoh kata kunci yang pernah saya pakai dan ternyata efisien adalah kata blackberry menjadi blackbarry, laptop menjadi leptop, business menjadi bussines dan masih banyak lagi.
Dalam bahasa Indonesia hal ini bisa disebut sebagai kata tunggal dan kata jamak contohnya saya-kita, kamu-mereka dan sebagainya. Sedangkan dalam bahasa Inggris biasanya kata jamak/plural tinggal menambahkan akhiran 's' pada akhir kata singular, sebagai contoh bisa dilihat di postingan ini, beberapa kali saya memasukan kata 'keyword' dan 'keywords'. Mungkin hal ini sangat sederhana, tetapi coba teman-teman masukkan kata 'keyword' dan 'keywords' dalam search engine google, keduanya ternyata memiliki hasil penelusuran yang berbeda.
2. Menggunakan sinonim keyword
Tujuan menggunakan kata sinonim adalah untuk memperluas keywords utama, sebagai contohnya bisa teman-teman lihat di postingan ini saya beberapa kali merubah kata 'keyword' dengan 'kata kunci'.
3. Variasi keywords
Tujuan dari variasi keyword sebenarnya tidak jauh beda dengan menggunakan sinonim keywords yaitu untuk memperluas keyword. "cara optimalisasi keyword" sebenarnya adalah kata kunci yang saya harapkan dicari di search engine. Tapi, untuk lebih memperluas seperti teman-teman lihat dalam postingan ini saya sedikit menambahkan variasi kalimat menjadi "cara mengoptimalisasi keywords", "mengoptimalisasikan keywords" dan sebagainya.
4. Mengubah urutan kata
Mengubah urutan kata sebenarnya cara yang cukup efisien untuk memperluas kalimat pencarian di search engine, bila memungkinkan cobalah untuk merubah urutan kata dalam sebuah kalimat yang dijadikan keyword.
5. Menggunakan ejaan yang salah
Cara ini pernah saya gunakan pada salah satu blog saya yang membahas mengenai gadgets. Tanpa kita sadari tenyata banyak sekali pengguna search engine yang salah dalam mengetik sebuah keyword, beberapa keywords malah memiliki potensi yang cukup tinggi dalam pengetikannya. Memasukkan 1 sampai 2 keyword yang salah ejaan dalam postingan ternyata cukup membantu mendatangkan traffic untuk beberapa keyword tertentu. Contoh kata kunci yang pernah saya pakai dan ternyata efisien adalah kata blackberry menjadi blackbarry, laptop menjadi leptop, business menjadi bussines dan masih banyak lagi.
0 komentar:
Posting Komentar